Bagi Kamu umat muslim yang ingin liburan ke luar negeri pastinya sering bertanya-tanya tentang destinasi yang ada di tempat tersebut. Terutama Kamu yang mempermasalahkan tentang makanan halal yang ada di sana. Dari hal itu, industri pariwisata di berbagai belahan dunia telah membuat sebuah paket wisata halal buat wisatawan muslim.

Jika Kamu ingin berwisata ke luar negeri, Kamu bisa kunjungi 9 destinasi wisata halal di dunia lho! Wisata halal di luar negeri tidak hanya menyediakan makanan halal saja. Tapi mereka juga menyediakan beragam fasilitas yang mendukung wisatawan muslim, sperti tempat ibadah misalnya. Nah, mau tahu negara mana saja yang ramah pada wisatawan muslim?

 

1. Saat liburan ke Jepang melihat indahnya bunga Sakura, Kamu nggak perlu bingung buat mencari masjid buat ibadah lho!

Umat muslim di Jepang tergolong minoritas. Oleh karena itu Kamu akan jarang sekali menemukan masjid di sana. Tapi, sekarang Kamu bisa sedikit tenang jika memutuskan liburan ke Jepang. Apalagi di Maret-Mei, Jepang sangat cantik untuk di kunjungi karena pohon sakura mekar di mana-mana.

Pemerintah Jepang sekarang sedang membidik wisatawan Muslim dari Indonesia. Sekarang pun Jepang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan Muslim. Mulai dari bandara Narita, Kamu sudah bisa menggunakan fasilitas umum untuk wisatawan muslim lho!

Kabar baiknya pun datang dari Tokyo yang menyediakan masjid untuk wisatawan muslim lho. Mungkin masjid tersebut nggak semegah masjid yang ada di Indonesia. Tapi bagi Jepang masjid itu sudah cukup besar dan megah. Masjid  itu bernama Camii Mosque merupakan masjid paling mewah dan besar di Tokyo. Masjid ini berada di Oyama-cho, Shibuya.

Selain itu beberapa restoran di Jepang pun sudah bersertifikasi halal. Jadi Kamu nggak perlu ragu buat mencari makan di sana. Di beberapa tempat umum pun sudah tersedia tempat ibadah buat umat muslim

 

2. Nggak heran lah, kalau Turki menjadi destinasi favorit buat para muslim. Negara ini nggak cuma menyediakan wisata halal saja, tapi negara dengan sertifikasi halal juga

 

Nah, kalau Kamu ingin liburan ke Turki mungkin sudah tidak akan ragu lagi kali ya! Masyarakat di Turki mayoritas bergama Islam. Wisata halal di  Turki pun seolah tidak bisa diragukan lagi. Negara ini pun sudah menciptakan standard pelayanan bagi umat muslim yang disebut Turkey Standards Institution (TSE).

Dengan adanya standar itu, maka setiap hotel yang ingin mendapatkan sertifikasi halal harus mematuhi peraturan yang berlaku, seperti tidak ada bar yang menyediakan alkohol, tersedia tempat ibadah, restoran yang halal, dan menjual produk dengan sertifikat halal juga.

Saat ini sudah ada 50 hotel halal di Turki. Jika Kamu ingin liburan ke  Turki, Kamu juga bisa mengunjungi Istanbul, Aydin, Izmir dan Ankara yang sudah jadi kota favorit wisatawan muslim di seluruh dunia.

 

3. Malaysia juga nggak mau kalah untuk mengembangkan wisata halal. Ini terbukti dengan pencapaian prestasinya mengenai wisata halalnya

Malaysia pun tak mau kalah dan berhasil menempati urutan pertama dalam Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017. Prestasi ini karena Malaysia sudah siap dan sigap dalam menembangkan wisata kuliner, belanja, pengobatan dan hotel halal.

Tapi saat ini Malaysia paling menonjol dengan destinasi pengobatannya. Hampir satu juta orang pasien muslim datang ke Malaysia untuk berobat. Tapi buat Kamu yang ingin menikmati destinasi di Malaysia, Kamu nggak perlu khawatir karena beberapa destinasi di Malaysia sudah dilengkapi dengan fasilitas ibadah dan Kamu juga nggak akan kesulitan untuk mencari makanan halal di sini.

 

4. Lihat masjid yang unik bisa jadi referensi saat liburan ke Maroko saat bulan Ramadhan lho gais!

Jika Kamu ada rencana untuk liburan ke Maroko, di bulan Ramadhan ini bisa jadi waktu yang tepat. Kamu akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan ketika mengunjungi beberapa obyek wisata yang kental dengan sentuhan Islam.

Kau bisa menikmati beberapa masjid yang unik, berbentuk kotak dengan ukiran khas Maroko yang cantik. Kamu pun bisa mengunjungi destinasi muslim populer di padang pasir Sahara. Kamu juga bisa naik unta di tengah padang pasir. Selain itu Kamu bisa mengunjungi obyek wisata lainnya seperti Kasbah Eit Beb Haddou dan Marakesh

Jika Kamu ingin membeli oleh-oleh khas Maroko Kamu juga bisa mengunjungi pasar tua Djemaa El Fna (Medina) yang dipadati dengan ratusan kios makanan khas Maroko beserta pernak-pernik khas Maroko gitu. Satu yang nggak bisa Kamu lupakan adalah atraksi musik khas Afirka yang indah.

 

5. Kamu nggak akan ragu lagi datang ke Thailand. Sekarang Thailand punya wisata halal untuk umat muslim

Sebagai negara yang sering didatangai oleh wisatawan muslim. Kini Thailand pun menunjukkan peningkatan dalam mengembangkan wisata halal di daerahnya. Salah satu upayanya adalah membangun hotel bintang lima Al Meroz di Bangkok. Hotel ini sangat diminati oleh wisatawan muslim dari berbagai negara.

Selain sebagai fasilitas wisatawan, hotel ini pun pernah digunakan untuk prosesi pernikahan secara Islam dengan membacakan ayat suci Al-Qur’an dan sang mempelai wanita mengenakan pakaian serba putih dan berhijab. Hotel itu pun memiliki fitur Islami.

Ia tidak menjual alkohol, sedangkan kolam renang dan gym mengalokasikan waktu tertentu untuk penggunaan tamu pria dan wanita. Thailand pun rupanya tidak main-main untuk mengembangkan wisata halal. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan wisatawan muslim yang datang ke Thailand.

Di Thailand Kamu nggak akan sulit untuk menemukan makanan halal, karena Thailand sudah memiliki 160 ribu produk yang berlabel halal selama 15 tahun terakhir.

 

6. Selain Turki Kamu juga bisa datang ke Dubai (Uni Emirat Arab) salah satu Negara yang nyaman dikunjungi untuk umat muslim

Jika Kamu ingin memilih negara untuk dikunjungi pada bulan Ramadhan, Kamu bisa memilih Dubai. Kamu nggak perlu ragu memilih fasilitas untuk  traveling Kamu. Banyak sekali hotel yang sudah bersertifikat halal. Kabarnya, pemerintah setempat juga akan menetapkan sebuah aturan terkait standarisasi halal di negara ini.

Kamu pun nggak perlu bingung untuk mencari makanan, minuman halal di Dubai. Segala aspek di negara tersebut sudah diatur oleh hukum Islam lho!

 

7. Visit my mosque kini sudah menjadi slogan di Inggris untuk promosi wisata halal buat wisatawan muslim

Sekarang Inggris pun sudah mulai melakukan sejumlah perubahan dan sebuah inovasi untuk wisatawan muslim. Saat ini di Inggris sudah melakukan kegiatan Visit My Mosque. Banyak sekali masjid di Inggris yang mengalami perbaikan dan perluasan area.

Jika Kamu tahu, di Inggris sudah ada sekitar 452 masjid sejak tahun 1990! Sampai saat ini jumlah itu terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir. Untuk menemukan makanan halal di Inggris pun Kamu nggak perlu repot lagi. Kamu bisa menemukan beberapa restoran dengan sertifikasi halal di setiap sudut kota.

Seperi Chicken Cottage, Al-Falafal Restaurant, kantin di Masjid Islamic Center London, Halal Restaurant, East West Oriental di kawasan Chinatown, Restoran Melur di Edgware Road, dan masih banyak lagi.

 

8. Cari makanan halal di Korea Selatan sekarang nggak sulit. Kamu bisa menikmati makanan khas di restoran yang berlabel halal

Kamu pasti mengenal negara ini sejak demam K-Pop menyerang. Bersamaan dengan itu, wisata di Korea juga meningkat pesat. Budaya dan keindahan alam di Korea sukses membuat para wisatawan jatuh hati dengan negara ini.

Kalau Kamu ingin berkunjung ke Korea Selatan di Bulan Ramadhan ini Kamu bisa mengunjungi Nami Island, GyeGyeongbok Palace, Seoul Tower, Jayu Park di sana merupakan deretan wisata halal Korea buat umat muslim. Kamu juga bisa mencicipi hidangan tradisional Korea dengan suasana tradisional juga di Jeonju. Jangan khawaitr di sini juga tersedia masakan halal seperti bibimbab.

9. Wisatawan muslim sekarang bisa nyaman untuk datang ke Jerman lho, karena sudah menyediakan wisata halal dan restoran halal lainnya

Saat bulan Ramadhan, Kamu ingin berlibur ke Jerman pun sangat disarankan. Meskipun total penduduk muslim di Jerman hanya lima persen dari total populasi keseluruhan, di sini cukup banyak kok warga muslim. Rasanya Kamu nggak akan kesulitan menemukan sejumlah makanan halal di Jerman.

Banyak sekali restoran yang menyajikan makanan halal di sana, tapi rata-rata adalah warga Turki. Salah satu supermarket yang terkenal di sana adalah Halalkauf di kota Koln. Kamu bisa menemukan bahan makanan yang sesuai dengan syariah Islam.

Kamu juga bisa makan di restoran halal terkenal di kota Berlin. Restoran itu bernama Bagdad, Yarok Fine Syrian Food from Damascus, Hasir – Wilmersdorf, Baraka, Azzam, Kasbah, hingga Adana Grillhaus. Kamu juga bisa memesan hidangan untuk berbuka puasa di sana.

 

Nah, Kamu nggak akan bingung lagi kan buat mencari tempat liburan di Luar Negeri yang menyediakan fasilitas buat umat muslim.